Si Pahit yang Kaya serat dan Gizi

No comment 1159 views

pare

Dagelan – Pare adalah sejenis tumbuhan merambat dengan buah yang panjang dan runcing pada ujungnya serta permukaan bergerigi. Tanaman ini tumbuh baik di dataran rendah dan dapat ditemukan tumbuh liar di tanah telantar, tegalan, dibudidayakan, atau ditanam di pekarangan dengan dirambatkan di pagar.

Pare tumbuh merambat atau memanjat dengan sulur berbentuk spiral, banyak bercabang, serta berbau tidak enak dengan rasanya yang pahit. Bentuknya memang tak bagus. Tetapi di balik rasanya yang pahit itu, terdapat banyak manfaat hebat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita jika sering mengonsumsinya.

Secara tradisional rasa pahitnya pare digunakan sebagai suplemen untuk membantu menurunkan gula darah. Studi awal terhadap pare membuktikan bahwa pare dapat memperbaiki kadar gula darah yang ada dalam tubuh.

Selain itu, pare juga membantu mengatasi berbagai masalah seperti konstipasi, batu ginjal, psoriasis dan penyakit lever. Dikombinasikan dengan jahe, lemon dan madu, ramuan pare bagus untuk mengatasi pusing-pusing setelah mengonsumsi alkohol. Pare juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena kaya serat dan rendah kalori. Di dalamnya juga terdapat vitamin C, folat dan vitamin A.

Untuk mengurangi rasa pahitnya, kita dapat menggaraminya dengan memotong pare dan membuang bijinya lalu diamkan selama 10 menit terlebih dahulu, Kemudian dicuci lagi dan pare siap untuk dimasak. Selain itu untuk mengurangi rasa pahitnya bisa juga dengan memasukkannya ke dalam air mendidih yang sudah digarami selama dua menit sebelum diolah.

author
No Response

Leave a reply "Si Pahit yang Kaya serat dan Gizi"