Tanda-tanda Penurunan Hormon Testosteron pada Pria

penurunan hormon

Dagelan – Testosteron adalah hormon yang sangat penting bagi seorang pria, karena hormon ini merupakan hormon seks bagi mereka. Testosteron diproduksi dalam testis dan akan membantu perkembangan testikel, penis, bulu serta suara saat pubertas.

Selain itu, testosteron juga berfungsi untuk memproduksi sperma, meningkatkan gairah dan hasrat seks, serta membantu pria dalam ereksi. Namun semakin bertambahnya usia pria, maka hormon testosteronnya juga akan menurun. Hal ini akan menyebabkan beberapa perubahan pada fisik dan mental pria tersebut.

Berkurangnya hormon testosteron pada pria bisa menyebabkan kondisi yang disebut juga dengan andropause. Saat pria mengalami penurunan hormonal ada gejala-gejala tidak menyenangkan yang dirasakan. Selain emosi yang tidak stabil, mereka juga menjadi lebih lamban saat melakukan suatu kegiatan.

berikut ini tanda-tanda Penurunan Hormon Testoteron pada Pria :

1. Libido rendah

Meskipun beberapa orang melihat libido mereka menurun ketika usia mereka bertambah, tanda yang paling signifikan dan jelas dari testosteron rendah adalah penurunan mendadak dorongan seksual. Ketika testosteron rendah, maka gairah seks seorang pria juga akan menurun. Hal ini karena testosteron adalah salah satu faktor penentu gairah seks pria.

2. Berat Badan Naik

Naiknya berat badan dapat mempengaruhi testosteron karena sel-sel lemak mengkonversi testosteron ke estrogen, sehingga menurunkan jumlah testosteron.

3. Disfungsi ereksi

Salah satu tanda testosteron rendah adalah pria tersebut mengalami masalah ereksi. Hal ini karena testosteron akan menstimulasi reseptor pada otak untuk memproduksi nitric oxide yang akan memicu ereksi. Jadi ketika testoren rendah maka akan terjadi disfungsi ereksi.

4. Kelelahan

Testosteron rendah memberi kejutan listrik pada energi. Bila Anda sering merasa lelah setelah bekerja, ini bisa diartikan jumlah hormon ini sedang turun.

5. Masalah tidur

Ketika seorang pria mengalami penurunan hormon testosteron, maka dia akan mengalami masalah tidur, yaitu insomnia. Oleh karena itu, ketika Anda mengalami masalah dengan tidur, maka bisa saja Anda mengalami penurunan hormon testosteron.

6. Kerontokan Rambut

Hormon testosteron adalah salah satu faktor dari pertumbuhan bulu, termasuk rambut. Hal inilah yang menyebabkan pria yang sudah tua mengalami kebotakan. Namun ketika hal tersebut terjadi saat seorang pria yang masih muda, maka bisa jadi dia mengalami penurunan testosteron.

7. Kurangnya konsentrasi

Testosteron bertanggung jawab menjaga Anda fokus. Jika hormon ini rendah, Anda dapat mengalami kabut otak, sulit berkonsentrasi dan bahkan memiliki masalah memori.

8. Depresi

Sebuah studi dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa 56 persen pria yang memiliki batas testosteron rendah juga memiliki gejala yang signifikan terhadap depresi.

9. Timbul sakit dan nyeri

Rendahnya testosteron dapat menurunkan massa dan kekuatan otot sehingga beberapa orang mungkin mengalami nyeri sendi, nyeri otot dan lebih rentan terhadap cedera.

10. Masalah tulang

Meskipun osteoporosis biasanya dianggap mempengaruhi perempuan saja, itu bisa menjadi masalah bagi pria dengan testosteron rendah karena mengurangi kepadatan tulang.

Apabila anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, silahkan cek ke dokter sehingga mereka dapat mendiagnosa dengan tes darah sederhana dan menyarankan beberapa jenis terapi pengganti testosteron.

 

author
No Response

Leave a reply "Tanda-tanda Penurunan Hormon Testosteron pada Pria"