Tarif Pengurusan Surat Kendaraan Naik per 6 Januari 2017

1

Dagelan – Pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB). Melalui peraturan ini, pemerintah akan menaikkan tarif untuk pengurusan surat-surat kendaraan bermotor, termasuk di dalamnya kendaraan roda dua maupun roda empat. Dengan demikian, maka harga beli kendaraan-kendaraan mulai tahun 2017 ini dipastikan akan naik.

Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebutkan, kenaikan tarif ini merupakan hal yang wajar, pasalnya tarif PNBP di Kepolisian RI sejak tahun 2010 memang tidak pernah mengalami kenaikan.

Sri Mulyani menjelaskan, bahwa penyesuaian tarif PNPB tidak hanya terjadi di Kepolisian saja, melainkan di Kementerian/Lembaga lainnya. Biasanya penyesuaian dilakukan secara berkala setiap tahun, agar tarif yang berlaku sejalan dengan kenaikan laju inflasi. Dirinya mengklaim kenaikan PNBP yang didesain pemerintah sudah mencerminkan pelayanan yang diberikan masing-masing Kementerian/Lembaga kepada masyarakat. Jadi, kalau tarif PNBP naik, pelayanan juga diharapkan lebih baik.

Sekedar diketahui, PP 60 Tahun 2016 yang dikeluarkan tertanggal 6 Desember 2016 dikeluarkan sebagai pengganti Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 tentang hal sama, dan berlaku efektif mulai 6 Januari 2017. Isinya mengatur tarif baru untuk pengurusan surat-surat kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia secara nasional.

Dalam peraturan baru tersebut, terdapat penambahan tarif pengurusan, antara lain pengesahan STNK, penerbitan nomor registrasi kendaraan bermotor pilihan, dan surat izin serta STNK lintas batas negara.

Besaran kenaikan biaya kepengurusan surat-surat kendaraan ini naik dua sampai tiga kali lipat. Misalnya, untuk penerbitan STNK roda dua maupun roda tiga, pada peraturan lama hanya Rp 50.000, namun dalam peraturan tarifnya naik  menjadi Rp 100.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat, dari Rp 75.000 menjadi Rp 200.000.

Sementara itu, kenaikan cukup besar pada penerbitan BPKB baru dan ganti kepemilikan (mutasi), roda dua dan tiga yang sebelumnya dikenakan biaya Rp 80.000, dengan peraturan baru ini, akan menjadi Rp 225.000. Roda empat yang sebelumnya Rp 100.000 kini dikenakan biaya Rp 375.000 atau meningkat tiga kali lipat.

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Tarif Pengurusan Surat Kendaraan Naik per 6 Januari 2017"