Tips Baterai Gadget jadi Lebih Awet dan Tahan Lama

baterai-hanphone

Dagelan – Masalah awet dan tahan lamanya suatu baterai bagi pemilik gadget selalu menjadi perhatian utama. Baterai dari suatu gadget memiliki batas usia berbeda-beda. Awet dan tahan lamanya suatu baterai gadget tergantung dari bagaimana cara kita merawatnya. Padahal sangat simple caranya agar baterai dari gadget bisa lebih awet dan tahan lama.

Berikut tips agar Gadget jadi Lebih Awet dan Tahan Lama :

1. Angkat gadget bila baterai sudah dalam kondisi penuh

Jika kita ingin mengecharge gadget yang sudah habis baterainya, hindari kebiasaan dicharge semalaman pada saat kita tidur karena hal ini bisa mempercepat baterai gadget menjadi cepat menggelembung dan rusak. Selain itu, hal tersebut akan menyebabkan penurunan daya tahan baterai.

2. Perhatikan siklus pengecasan.

Jangan memasang dan mencabut charge jika tak perlu. Jika kita memutuskan untuk mengecharge perangkat, jangan mencabutnya di tengah-tengah. Sebab, itu akan menyumbang satu siklus isi ulang, padahal baterai belum terisi penuh.

3. Gunakan alat charge berkualitas.

Satu kepala charge dengan banyak cabang kabel memang praktis di bawa ke mana-mana. Kita bisa mengisi ulang daya beberapa perangkat sekaligus tanpa membawa banyak kepala charge. Namun, perlu kita ketahui bahwa pasokan daya ke batu baterai perangkat elektronik harus stabil. Menghubungkan satu kepala charge dengan banyak kabel akan membuat aliran daya tak stabil, bisa tiba-tiba kecil atau tiba-tiba besar. Jika pun kita harus terpaksa menggunakan alat charge dengan kabel bayak, pastikan Anda membeli aksesori itu dari brand yang kualitasnya sudah teruji.

4. Perhatikan temperatur ruangan saat nge-charge.

Suhu tropis seperti Indonesia membuat perbedaan panas dan dingin begitu mencolok. Temperatur dalam ruangan sekitar 20 derajat celcius atau 70 derajat fahrenheit adalah kondisi terbaik untuk mengisi ulang baterai perangkat elektronik. Jangan mengisi ulang baterai di bawah 0 derajat celcius atau di atas 45 derajat celcius. Kalau terlalu panas akan merusak kondisi baterai sehingga tak bisa tahan lama. Usahakan tetap simpan gadget pada temperatur normal. Hal ini bisa membuat baterai berusia awet meski tak digunakan dalam waktu lama.

5. Jangan membanting atau membenturkan baterai dan gadget.

Bila terjadi benturan keras dan bantingan, baterai akan lecet atau rusak total. Benturan keras membuat keropos kandungan kimia dalam baterai. Lazim baterai dari gadget yang jatuh atau terbentur keras, susah awet dan tahan lalu.

Itulah beberapa tips sederhana agar baterai dari perangkat gadget kita bisa lebih awet dan tahan lama. Pada akhirnya, baterai gadget pasti suatu saat akan mengalami masa kerusakan. Namun setidaknya kita bisa memanfaatkannya hingga pemakaian maksimal.

 

author
No Response

Leave a reply "Tips Baterai Gadget jadi Lebih Awet dan Tahan Lama"