Tips menghindari efek Buruk Radiasi Ponsel

No comment 985 views

radiasi-ponsel

 

Dagelan – Di zaman modern yang serba canggih, telepon genggam kini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan banyak orang di seluruh dunia. Setiap hari, kita bergantung pada telepon genggam untuk berkomunikasi hingga menyelesaikan pekerjaan kantor. ternyata pemakaian telepon genggam secara terus menerus membawa dampak yang kurang bagus untuk kesehatan.

 

Banyak penelitian menyebutkan bahwa radiasi yang dipaparkan telepon genggam dapat menyebabkan risiko kesehatan seperti kanker mata, kanker tiroid, leukimia, kanker payudara, dan beberapa jenis kanker lainnya. untuk mengurangi dampak dari radiasi yang ditimbulkan, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan di antaranya :

 

a. Gunakan telepon di saat benar-benar dibutuhkan

Sebaiknya gunakan telepon genggam hanya untuk keperluan yang mendesak saja. Jangan biasakan, menggunakan segala aktivitas dengan telepon genggam karena akan menyebabkan efek yang buruk buat kesehatan.

 

b. Gunakan earphone saat menelepon

Menggunakan earphone pada saat melakukan panggilan ternyata lebih baik daripada memegang telepon genggam dekat ke telinga. Selain itu, hindari juga pemakaian bluetooth, karena bluetooth juga memancarkan radiasi.

 

c. Jangan menelepon terlalu lama

Sebaiknya hindari pembicaraan yang terlalu lama di telepon sampai membuat panas telinga. Untuk pembicaraan yang lebih serius dan panjang disarankan agar bertemu langsung.

 

d. Jangan menyimpan ponsel di saku celana

Pada umumnya laki-laki menyimpan ponselnya di saku celana. Ini salah satu yang harus Anda hindari. Lebih baik Anda tetap genggam dengan tangan daripada ditaruh di saku celana.

 

e. Gunakan SMS untuk berkirim pesan

Menggunakan SMS ternyata lebih baik daripada Anda melakukan panggilan langsung, terutama untuk percakapan yang membutuhkan waktu yang relatif lama.

 

f. Aktifkan mode Flight saat tidak digunakan

Bila dalam situasi dimana Anda tidak sedang aktif memerlukan telepon genggam, cobalah sedikit kurangi pemakaiannya. Ubah mode ponsel ke dalam mode Flight, sehingga paparan radiasi berkurang.

 

g. Jauhkan telepon genggam saat akan tidur

Jangan pernah letakan telepon genggam dekat dengan kepala Anda saat tidur. Jauhkan sebisa mungkin untuk mencegah risiko yang tidak diinginkan.

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Tips menghindari efek Buruk Radiasi Ponsel"