Tips Sehat Cegah Varises

No comment 1522 views

Varises

 

Dagelan – Selain menyebabkan rasa kurang percaya diri ketika mengenakan celana pendek atau bawahan yang lainnnya, varises bisa menimbulkan rasa tidak nyaman seperti kesemutan, cepat merasa pegal, dan bahkan rasa sakit atau nyeri ketika berjalan atau berdiri.

Varises adalah pelebaran pembuluh darah yang seringkali terjadi pada kaki, dan telah mempengaruhi sebagian dari orang dewasa diseluruh dunia terutama wanita. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh tekanan yang terus-menerus pada pembuluh darah di kaki, yang pada akhirnya melemahkan pembuluh darah tersebut.

Sayangnya belum ada cara yang pasti untuk mencegah varises ini agar tidak terjadi pada kaki, namun kita bisa memperkecil kemungkinannya dengan melakukan beberapa hal dalam keseharian kita. Mencegah lebih baik daripada mengobati, karena penyembuhan varises termasuk sulit, bahkan bisa memerlukan pembedahan atau laser.

Selain faktor usia, varises muncul karena gaya hidup yang salah. Berikut ini tips untuk mencegah varises :

1. Konsumsilah vitamin C dan protein secara cukup

Pastikan kita cukup mengonsumsi vitamin C dan protein, karena keduanya adalah komponen penting dari kolagen yang dapat mencegah varises muncul.

2. Jaga berat badan secara ideal

Berat badan yang berlebihan tidak hanya memberi dampak buruk bagi kesehatan, namun juga dapat memicu timbulnya varises. Mereka yang memiliki bobot kaki yang besar tidak mampu memompa kembali darah ke jantung, sehingga menyebabkan timbulnya varises.

3. Perbanyak gerak fisik dan olahraga

Salah satu penyebab varises muncul adalah terlalu banyak diam. Olahraga teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah darah mengumpul di pembuluh darah. Otot-otot yang aktif dan bekerja dari kaki akan berkontraksi dan mendorong darah melalui pembuluh darah kembali ke jantung, sehingga dapat mencegah varises.

4. Perbanyaklah gerakan pada bagian kaki

Terlalu lama duduk atau berdiri dapat memperlambat proses pemompaan darah dalam tubuh. Maka itu, penting untuk meregangkan kaki dan berjalan setiap setengah jam, terutama jika memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk maupun berdiri berlama-lama. Mengencangkan otot kaki dengan menekuk kaki, baik naik dan turun dapat membantu mengedarkan darah dengan baik ke pembuluh darah dalm tubuh.

 

author
No Response

Leave a reply "Tips Sehat Cegah Varises"