Trik Atur Anak agar Tidak Lupa Waktu Bila Main Gadget

family, children, technology, money and home concept - smiling family and two little girls with tablet pc computers at home

Dagelan – Banyak orang tua yang khawatir tentang kebiasaan anak-anak mereka yang sering kali lupa waktu bila sedang bermain gadget. Orang tua takut anak mereka jadi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk online dan mengakses internet.

Seharusnya, anak-anak keluar dari rumah dan bermain-main di halaman bersama teman seusianya, bermain petak umpet atau game ular tangga saat waktu senggang, bukannya bermain smartphone atau tablet seharian. Namun di era yang serba internet, kegiatan itulah yang banyak dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang.

Sebagai orang tua, sebaiknya anda harus tau bagaimana cara mengatur waktu, kapan anak boleh online dan berapa lama waktu bermainnya. Bagaimanapun, anak akan berontak atau ngambek saat ia dilarang mengakses gadget dan internet. Karena itu cobalah gunakan pendekatan yang realistis dan tidak mengekang.

Buat beberapa aturan, namun sesuaikan dengan usia anak Anda. Buatlah aturan yang masuk akal tentang berapa lama anak boleh bermain internet atau gadget dalam sehari. Ada baiknya diskusikan hal ini ketika semua anggota keluarga sedang berkumpul santai. Mereka cenderung akan mendengarkan. Selain itu, jelaskan juga kenapa Anda harus membuat aturan tersebut, tekankan bahwa aturan itu bukan untuk mengekang kebebasan mereka.

Karena Anda juga punya kegiatan lain, maka anda harus menggunakan alat manajemen waktu untuk memantau aktivitas anak berinternet secara langsung setiap harinya. Sebagai alat bantunya, Anda bisa menggunakan software parental control seperti Qustodio, K9 Web Protection, Net Nanny dan sebagainya. Dengan software ini Anda bisa dengan mudah melacak aktivitas anak Anda di internet, memfilter konten tertentu dan mengatur waktu akses internet. Anda juga bisa mendapatkan laporan penggunaan internet anak Anda secara remote atau mengubah pengaturan profile.

Namun perlu diingat, software tersebut hanyalah alat bantu. Peran orang tua tetaplah yang paling utama dalam mengawasi dan menjaga agar anak aman pada saat berinternet.

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Trik Atur Anak agar Tidak Lupa Waktu Bila Main Gadget"