Tugu Km 0 Sabang

No comment 637 views

images (1)

Dagelan Family – Di beberapa negara, meskipun tidak masuk Anglosfir, Kilometer Nol (juga ditulis km 0) atau sebutan dalam bahasa lainnya, merupakan sebuah lokasi (umumnya di ibukota negara), dimana jarak secara tradisional diukur. Sebutan yang sama juga ditetapkan untuk setiap jalan (seluruh lokasi di jalan itu memiliki nomor, tergantung jaraknya dari lokasi tersebut), dan untuk setiap kota.

Slogan terkenal ‘Dari Sabang sampai Merauke’ dipopularkan Presiden Soekarno dari ucapan seorang perwira Belanda bernama Jenderal J.B. van Heutsz saat mengklaim kemenangannya dalam Perang Aceh tahun 1904, yaitu “Vom Sabang tot Merauke”. Sabang dan Merauke adalah dua kota di ujung paling barat dan paling timur Indonesia yang kini sama-sama memiliki tugu nol kilometer.

Tugu Kilometer Nol Indonesia yang diresmikan Wakil Presiden RI, Try Sutrisno pada 9 September 1997 di Kota Sabang, kini semkin menarik tampilannya. Semakin pantas dijadikan tempat berfoto sebagai kenang-kenangan tanda sudah pernah sampai ke titik paling barat Indonesia itu.

Berubahnya penampilan tugu tersebut setelah Pemko Sabang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) setempat menambah tulisan KILOMETER 0 secara mencolok di bagian depan tugu setinggi 43,6 meter itu.

Letter KILOMETER 0 tersebut dibuat dari beton cor dan dicat merah marun, sehingga terlihat kontras dari jauh. Di bagian bawahnya dibuat lantai beton sehingga memudahkan pengunjung berfoto dengan dua latar belakang sekaligus: letter KILOMETER 0 dan Tugu Kilometer Nol itu sendiri.

author
No Response

Leave a reply "Tugu Km 0 Sabang"