Zidane buru Rekor 6 Pemain dan Pelatih sukses Peraih Trofi Champions

zinedine zidane

Dagelan – Pemilik nama lengkap Zinedine Yazid Zidane lahir 23 Juni 1972 (umur 43 tahun) atau yang lebih populer dengan panggilan Zizou adalah seorang pesepak bola Perancis keturunan Aljazair.

Gelandang Penyerang tersebut memulai karirnya sebagai pemain di klub AS Cannes. Ia kemudian bermain di Bordeaux, Juventus dan terakhir Real Madrid. Zidane pensiun dari sepak bola klub dan tim nasional pada tahun 2006.

Zidane pernah memegang rekor sebagai pemain termahal di dunia saat ditransfer dari Juventus ke Real Madrid pada musim 2001-2002 dengan nilai transfer sebesar 46 juta poundsterling.

Sebagai pesepak bola kelas dunia, Zidane telah mengenyam banyak prestasi, di antaranya dua gelar Serie-A bersama Juventus, satu gelar Liga Champions Eropa dan satu gelar La Liga bersama Real Madrid.

Zidane juga sukses mengantar Perancis menjadi juara dunia Piala Dunia 1998 dan juara Piala Eropa 2000. Bersama sahabatnya Ronaldo, Zidane menjadi pemain sepak bola yang mampu meraih gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA sebanyak tiga kali dan juga peraih Ballon d’Or pada tahun 1998.

Kiprahnya sebagai pelatih Real Madrid menggantikan Rafael Benitez di awal tahun 2016, telah banyak mengubah performa Madrid di kompetisi domestik maupun Eropa. walaupun Real Madrid hanya mampu finish di nomor 2 sebagai runner up hingga berakhirnya Laliga, namun tidak bisa dipungkiri permainan yang ditampilkan klub asuhannya itu mampu menunjukkan grafik peningkatan yang sangat signifikan.

kini Zidane baru saja sukses mengantarkan Madrid ke partai puncak final Liga Champions  2016 setelah tim asuhannya mampu menundukkan Manchester City di Stadion Santiago Barnabeu pada leg ke dua dengan skor 1-0.

Mantan kapten Timnas Prancis tersebut telah berhasil mensejajarkan dirinya dengan pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone dan pelatih Barcelona, Luis Enrique sebagai pelatih yang mampu mengantarkan klubnya masuk final Liga Champion di masa perdana kepelatihannya.

Zidane berpeluang memburu rekor yang telah ditorehkan 6 pemain yang telah sukses sebelumnya di Liga Champions sebagai pemain dan pelatih. Mereka adalah  Miguel Munoz, Giovanni Trapattoni, Johan Cruyff, Carlo Ancelotti , Frank Rijkaard, dan Josep Guardiola.

Selain itu, jika Madrid mampu menjuarai laga final Liga Champions 2016 yang akan digelar di Milan pada tanggal 29 Mei 2016 dini hari nanti, maka dia akan menjadi pelatih pertama asal Prancis yang membawa timnya menjadi juara Liga Champions. Pelatih dari perancis lainnya seperti Arsene Wenger, Didier Deschamps, Robert Herbin, dan Albert Batteux sebelumnya hanya mampu mengantarkan tim asuhannya sampai di final.

 

 

 

author
No Response

Leave a reply "Zidane buru Rekor 6 Pemain dan Pelatih sukses Peraih Trofi Champions"